Visitors

TRANSPOR ZAT MELALUI MEMBRAN SEL

       Membran plasma berupa selaput tipis,kira-kira hanya 8 nm. Membran plasma mengontrol pemindahan materi atau zat. Membran plasma memiliki beberapa sifat sebagai berikut :

  1. Impermeabel, yaitu membran plasma yang tidak dapat dilalui oleh semua zat.
  2. Permeabel yaitu membran plasma yang dapat dilalui oleh zat-zat yang larut dalam lemak, tidak bermuatan, molekul asam aminoasam lemak,gliserol, gula sederhana, air, dan zat elektrolit lainnya.
  3. Selektif permeabel, yaitu sifat membran plasma yang hanya dapat dilalui oleh zat-zat yang berukuran kecil dan tidak dapat dilalui oleh zat berukuran besar. Contoh zat yang tidak dapat melewati membran plasma yaitu pati, polisakarida,protein, dan zat yang mudah larut dalam pelarut organik.
      Pemindahan materi atau zat ke dalam dan keluar sel melalui membran plasma dapat terjadi secara aktif dan pasif.


  1. TRANSPOR AKTIF

Transpor aktif adalah pergerakan atau pemindahan yang menggunakan energi untuk mengeluarkan dan memasukkan ion –ion dan molekul melalui membran sel yang bersifat permeabel dengan tujuan memelihara keseimbangan molekul kecil di dalam sel.

Transpor aktif memerlukan molekul pengangkut berupa protein integral pada membran, dimana di dalam molekul ini, terdapat situs pengikatan. Proses transport aktif dimulai dengan pengambilan tiga ion Na+ dari dalam sel dan menempati situs pengikatan pada protein integral. Energi diperlukan untuk mengubah bentuk protein integral pada membran yang sebelumnya membuka ke arah dalam sel menjadi membuka ke bagian luar sel. Selanjutnya, ion Na+ terlepas dari situs pengikatan dan keluar dari protein integral menuju ke luar sel. Kemudian dari luar sel, dua ion K+ menempati situs pengikatan di protein integral. Bentuk protein integral berubah, dari sebelumnya membuka ke arah luar menjadi membuka ke arah dalam sel dan ion kalium dilepaskan ke dalam sel. Contoh transpor aktif :
  • Kontranspor, yaitu transpor yang melibatkan tenaga ATP (Adhenosin Triphosfat) untuk mentranspor zat terlarut spesifik yang melintasi membran. Energi yang digunakan untuk kerja seluler melibatkan pompa elektrogenik (natrium-kalium) untuk hewan dan pompa proton bagi tumbuhan, bakteri, dan fungi. Misalnya sel tumbuhan menggunakan gradien ion hidrogen ke dalam sel untuk menggerakkan transpor aktif asam amino dan gula.
  • Eksositosis merupakan proses pengeluaran zat dari dalam sel-sel kelenjar seperti pada peristiwa sekresi kelenjar tubuh mensekresikan enzim dan hormon.
  • Endositosis merupakan peristiwa pemasukan zat kedalam sel melewati membran plasma.Peristiwa endositosis terjadi pada peristiwa fagositosis dimana molekul (makanan) berupa padatan melalui membran menembus vakuola, makanan selanjutnya menuju lisosom dan terjadi pencernaan intrasel(dalam sel). Contohnya ketika sel leukosit(darah putih) mencerna bakteri. Sedangkan pinositosis, yaitu sel melingkupi cairan disekitarnya membentuk gelembung (terjadi pencernaan) selanjutnya menembus membran masuk ke vakuola makanan. Dengan kata lain, pinositosis adalah peristiwa sel memakan zat cair & membentuk sebuah gelembung.  

 2.    TRANSPOR PASIF


Transpor pasif adalah perpindahan molekul atau ion tanpa menggunakan energi sel. Perpindahan molekul tersebut terjadi secara spontan, dari konsentrasi tinggi ke rendah. Jadi, pejalan itu terjadi secara spontan. Contoh transpor pasif adalah difusi, osmosis, dan difusi terfasilitasi.
  • Difusi adalah penyebaran molekul zat dari konsentrasi (kerapatan) tinggi ke konsentrasi rendah tanpa menggunakan energi. Secara spontan, molekul zat dapat berdifusi hingga mencapai kerapatan molekul yang sama dalam satu ruangan. Sebagai contoh, setetes parfum akan menyebar ke seluruh ruangan (difusi gas di dalam medium udara). Molekul dari sesendok gula akan menyebar ke seluruh volume air di gelas meskipun tanpa diaduk (difusi zat padat di dalam medium air), hingga kerapatan zat tersebut merata.

    Difusi
     
  • Osmosis adalah perpindahan ion atau molekul air (dari kerapatan tinggi ke kerapatan rendah dengan melewati satu membran. Osmosis dapat didefinisikan sebagai difusi lewat membran.

    Osmosis